welcome to my blog

welcome to solo soccer

Jumat, 02 April 2010

Ratusan Viking serang PASOEPATI

SOLO—sekitar 400-an anggota Pasoepati yang turut menyaksikan secara langsung laga terakhir Persis Solo melawan Persikota Tangerang diserang oleh ratusan suporter Viking saat perjalanan pulang ke Solo, Minggu (28/3).
Tiga gerbong kereta belakang Matarmaja diserang dan dilempari dengan batu oleh massa yang sebagian besar mengenakan atribut suporter asal Jawa Barat tersebut. Akibatnya, seluruh kaca di tiga gerbong yang ditempati Pasoepati pecah dan belasan anggota Pasoepati mengalami luka goresan karena terkena pecahan kaca yang berserakan ke tubuh mereka.


Penyerangan itu terjadi ketika kereta yang membawa rombongan Pasoepati berhenti sebentar di stasiun Pegaden, Jawa Barat sekitar pukul 17.00-18.00 WIB kemarin. “Saat dilempari, kita sedang tidur. Jadi tidak punya persiapan apa-apa. Penyelamatan yang bisa kita lakukan hanya berlindung di bawah jok kursi kereta,” terang Andi Supriyanto, salah satu anggota Pasoepati yang ikut dalam rombongan.
Alasan penyerangan diduga karena terjadi salah sasaran ketika pasukan Suporter Pasoepati dikira sebagai The Jak Mania yang akan berangkat ke Kediri untuk menyaksikan pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri.
Pelemparan dan penyerangan masih terus berlanjut ketika kereta mulai bergerak keluar dari stasiun Pegaden menuju Cirebon. Ratusan massa Viking menunggu di areal palang kereta di sepanjang jalan dari daerah Pegaden menuju Cirebon. “Mereka menunggu di semak-semak areal palang kereta yang kita lewati dari Pegaden menuju Cirebon. Dan terus melemparkan batu ke arah kita,” tutur Andi.
Sebenarnya pihak Kepolisian telah melakukan antisipasi dengan mengirimkan anggotanya untuk berjaga-jaga di stasiun-stasiun yang mungkin dilewati oleh kereta Matarmaja yang membawa rombongan Pasoepati. Namun setelahnya penyerangan terjadi justru di palang-palang kereta bukan di Stasiun.
“Kita baru aman setelah memasuki wilayah Jawa Tengah,” tutur Andi yang saat dihubungi Joglosemar mulai memasuki wilayah Semarang. Di semarang, Pasoepati rencananya akan ditemui oleh Panser Bumi dan Snek untuk mendapatkan perawatan serta koordinasi karena pada hari yang sama, Bonek sedang menuju ke Jakarta Utara untuk menyaksikan pertandingan antara Arema Malang melawan Persitara Jakarta Utara, Selasa (30/3) mendatang.
Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto pihaknya mengatakan belum dapat merinci kerugian yang diakibatkan dari insiden pelemparan batu antarsuporter tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar